Rabu, 03 Maret 2010

Museum Tugu Pahlawan (10 November) Soerabaya

Museum Tugu Pahlawan (10 November)

Sebagai orang Surabaya setidaknya saya mempromosikan salah satu keindahan yg ada di kota Surabaya tercinta ini... Tahukan anda bahwa di daerah surabaya ada sebuah musium yang indah nan ciamik... disini saya akan berbagi tentang seputar gambar-gambar di museum Tugu Pahlawan.... Barang x aja diantara kalian ada yang berminan berlibur di surabaya... Dan apa salahnya kalau menginjakkan kaki kita di Museum Tugu Pahlawan yg indah ini...



Tugu Pahlawan sendiri berdiri setinggi 41 meter. Areal ini tidak hanya terdiri dari tugu, namun juga taman dan museum 10 November. Pada pintu masuk, terdapat patung proklamator negri kita, Bung Karno dan Bung Hatta. Aroma patriotisme memang terasa sangat kental.



Yang tak kalah megahnya adalah sebuah gapura dengan berbentuk lidah api. Mungkin untuk tetap mengingatkan kita mengobarkan semangat perjuangan para pahlawan.



Aristektur Museum 10 November terbilang unik, dari tampak luar bangunan utama berbentuk limas laksana piramid. Mirip sekali dengan museum Louvre yang ada di Paris.



Sesuai dengan namanya, museum ini berisi memori dan artefak dari perjuangan arek-arek suroboyo yang heroik saat pertempuran 10 November. Bagian dalam museum bisa dikatan cukup megah dan terawat. Saya sebelumnya tidak menyangka bahwa ada tempat sebagus ini di Surabaya.

Di bagian tengah museum, terdapat sebuah karya patung retorika peperangan 10 November. Melihat ekspresi yg terlukis pada ekspresi patung-patung itu, kita serasa ditarik kembali ke dalam suasana perang berpuluh-puluh tahun lalu.





Di lantai dua, terdapat diorama dan benda-benda sejarah dari jaman perjuangan. Sayang kita dilarang mengabadikan foto demi kemanan benda-benda sejarah tersebut (karena beresiko untuk dicuri pihak luar). Diorama yang ada dapat memutar background suara, namun kita harus memasukkan koin dulu. Yah, itung-itung nyumbang kan ?

Mengunjungi Tugu Pahlawan adalah sebuah pengalaman menarik. Memberi nuansa yang berbeda daripada hanya menghabiskan waktu jalan-jalan di mall. Jangan bilang kamu arek Suroboyo tulen kalo belum ke Museum Tugu Pahlawan .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar